aksesoris kamera murah
www.gudangkamerasolo.com
www.gudangkamerasolo.com Aksesoris Body, Aksesoris Filter, Aksesoris Flash, Aneka Baterai, Aneka Kabel, Battery Grip / Vertical Grip, Filter Kamera, Flash, Focusing Screen & Magnifier, Hot Shoe Adapter, Lens Adapter / Lens Mount Adapter, Lens Cap & Cover, Lens Converter, Lens Hood, Lens / Camera Cleaner, Macro, Peralatan Studio, Release Shutter, Step Up / Step Down Ring, Strap, Pouch, Bag, Strobist Area, & Trigger Kamera.
Shopping Cart
shopping cart0 item
Categories
News
17 Maret 2014
6 Tips Jitu Hunting Foto Kampanye Parpol
Jakarta - Musim kampanye partai politik telah digelar hingga beberapa pekan ke depan. Momen tersebut tidak hanya menarik secara politik melainkan sangat atraktif secara visual. Dari ekpresi simpatisan, warna-warni atribut kampanye, properti yang unik hingga jumlah massa kolosal membuat semuanya sudah terlihat menarik secara alamiah. Namun bukan berarti tinggal mengarahkan lensa dan memencet shutter, kemudian dihasilkan foto yang memuaskan. Tetap saja ada kaidah-kaidah umum fotografi maupun kemampuan teknis yang menjadi pegangan. Sehingga hasil foto tidak hanya merekam kenyataan, melainkan mampu menciptakan kenyataan baru di selembar foto. detail

28 Februari 2014
Cara Darwis Triadi Memandang Obyek
Saya rada kecewa ketika panitia mengabarkan bahwa akhirnya yang menjadi nara sumber Workshop Fotografi Jurnalistik Lanjutan om Darwis Triadi. Bagi saya, nama besarnya tidak berada pada bidang fotografi jurnalistik. Bagi saya, seorang Darwis Triadi hanyalah seorang fotografer model wanita-wanita cantik. Bagi saya, seorang Darwis Triadi tak layak menggantikan Arbain Rambey dan Oscar Motuloh, dua nama yang sempat saya hubungi tapi tak bisa karena alasan waktu. detail

13 Agustus 2013
Mengenal Lebih Dekat Teknik Foto HDR
Aslinya foto High Dynamic Range atau yang biasa disebut HDR adalah tehnik menggabungkan beberapa buah foto yang memiliki eksposure berbeda sehingga menghasilkan gambar yang memiliki jangkauan dynamic range lebih luas mulai dari area tergelap hingga area paling terang dalam sebuh foto. Ciri khas yang melekat pada foto yang diolah dengan tehnik ini adalah efek dramatis yang dihasilkan serta detail foto akan meningkat. detail

25 Juni 2013
Memotret Saat Berkabut
Jakarta - Kabut itu sering dibenci, tapi juga sering diharapkan. Memotret pemandangan kabut itu dibenci karena membuat pemandangan tidak jelas, saturasi warna rendah, dan datar. Di lain pihak, kabut juga diharapkan saat memotret pemandangan di pagi hari, karena memberikan kesan misterius. detail

» index berita
News

Memaksimalkan Kit Lens

26 Agustus 2012

Apa itu “kit lens” ?
Tapi pertama-tama saya ingin menjelaskan dulu apa itu “kit lens.” Kit lens adalah lensa yang biasanya dibundel dengan pembelian kamera DSLR yang baru. Biasanya untuk DSLR kelas pemula, kit lens yang disediakan adalah lensa yang pemula atau murah meriah juga. Tapi bila Anda berkesempatan membeli kamera kelas atas seperti kamera Canon 5D mark II,  maka biasanya kualitas kit lens-nya juga tinggi. Contohnya Canon 5D mark II dibundel dengan Canon 24-105mm f/4 L USM yang harga satuannya hampir sepuluh juta rupiah saat tulisan ini diterbitkan.

Jadi anggapan bahwa kit lens selalu adalah lensa murah dan berkualitas rendah, tidak juga, tapi memang tidak dipungkiri bahwa kit lens sebagian besar memang berkualitas rendah tapi murah meriah.

Saat ini manufaktur kamera dan lensa terus memperbaiki kualitas kit lens, dan bila dibandingkan dengan 3-5 tahun yang lalu, kualitas gambar yang dihasilkan kit lens semakin baik dengan jangkauan zoom yang lebih fleksibel.

Perbedaan lensa mahal dan murah
Lalu bagaimana memaksimalkan lensa kit lens ini sehingga menghasilkan gambar yang tiada beda dengan lensa yang lebih mahal? tentunya pertama-tama kita harus mengerti dulu, apa beda lensa kit lens dan lensa berkualitas lebih tinggi.

Lensa kit lens murah, biasanya memiliki kelemahan:

  • Kualitas material kontruksi tidak baik, terutama casingnya, sehingga lensa ini biasanya tidak tahan banting atau senggol, sehingga harus dijaga baik-baik.
  • Kecepatan Auto Focus juga tidak begitu cepat  terutama untuk objek bergerak.
  • Memiliki maksimum bukaan yang cukup kecil dan semakin tinggi zoomnya maximum bukaannya semakin kecil. Contoh: f/3.5 – 5.6. Sedangkan lensa yang berkualitas tinggi biasanya bukaannya lebih besar, seperti f/4, f/2.8, f/1.4 dan seterusnya. Perkecualian untuk lensa prime atau lensa dengan satu jangkauan fokus seperti 50mm f/1.8 yang murah meriah.
  • Bokeh atau background blur di daerah yang tidak fokus bukan berbentuk bulat tapi persegi sehingga mengurangi nilai estetis.
  • Hasil gambar memiliki kontras yang lebih lemah.
  • Tidak tajam terutama di daerah sudut / pinggir gambar.
  • Kurang tajam terutama garis/pinggir yang memisahkan antara objek dengan latar belakang.
  • Chromatic abberation, vinyeting dan rawan flare bila cahaya yang terang memasuki lensa secara langsung. dan seterusnya….

Wah banyak juga ya kelemahannya dibanding dengan lensa yang mahal, maka dari itu, lensa yang berkualitas tinggi meski dibandrol dengan harga lima, sepuluh kali lebih mahal daripada harga kit lens, tetap saja dibeli oleh fotografer terutama yang berkantung tebal atau memang untuk tuntutan profesi.

Tapi jangan stres dulu, karena saya ada beberapa tips untuk mengoptimalisasikan lensa kit Anda

  1. Pertama-tama, saya mengusulkan untuk memfoto dengan satu atau dua stop lebih tinggi dari maksimum bukaan yang ada. Misalnya, bila Anda memiliki lensa yang maksimumnya f/3.5 atau 5.6, maka biasakan lah mengunakan f/5.6 untuk zoom lebar (di sekitar 18-24mm) dan antara f/8-f/11 untuk zoom sekitar 50-55mm. Biasanya, dengan bukaan satu atau dua stop lebih tinggi, maka hasil yang didapat jauh lebih tajam. Prinsip ini juga  berlaku untuk lensa kualitas menengah.
  2. Selain itu, sebisanya untuk tidak mengunakan “focal length” atau jangkauan fokal lensa di ekstrim ujung wide atau tele. Yang saya maksudkan adalah hindari pemakaian 18mm atau 55mm kecuali terpaksa. Sebaiknya mengunakan diantaranya, biasanya hasilnya lebih tajam, misalnya antara 24-40mm
  3. Lalu, untuk mengatasi vignetting dan daerah pinggir gambar yang cenderung kurang tajam, maka sewaktu mengkomposisi gambar, terutama untuk pemandangan dimana ketajaman ujung ke ujung gambar adalah utama, sebisanya memberikan sedikit ruang di pinggir, sehingga setelah Anda mendownload gambar tersebut ke komputer, Anda dapat meng-krop pinggir yang kurang baik tersebut.
  4. Untuk mengurangi lens flare, hal yang terpenting adalah hindari memfoto langsung berhadapan dengan sinar terang. Selain itu penggunaan lens hood atau topi lensa, juga bermanfaat mencegah lens flare terutama bila sinar terang datang dari samping. Kadang-kadang bila Anda mengunakan filter, juga mengakibatkan lens flare karena refleksi kaca filter, jadi hati-hati dalam mengunakan filter.
  5. Karena konstruksi casing sebagian besar terbuat dari plastik, tidak tahan air, tidak tahan banting dan senggol, juga tidak tahan debu yang berlebihan (seperti di gurun), maka sebaiknya dijaga lebih  hati-hati, karena sedikit pergeseran elemen internal optik bisa mengakibatkan menurunnya kualitas gambar secara signifikan.
  6. Untuk mengatasi lemahnya kontras, ini mungkin sekarang lebih gampang diatasi misalnya dengan meningkatkan saturasi pada gambar dengan picture style atau picture control. Anda juga bisa meningkatkan saturasi warna  dan kontras di piranti lunak pengolah gambar kesayangan Anda (contoh: Photoshop, Lightroom).

Itulah beberapa tips yang saya kira cukup penting untuk pengguna kit lens untuk mendapatkan hasil yang setidaknya beberapa langkah mendekati hasil foto dari pengguna lensa yang lebih mahal.

Mungkin Anda juga bertanya-tanya, bila saya mengusulkan untuk memakai bukaan kecil, maka bagaimana bisa untuk mendapatkan foto indoor atau keadaan gelap yang baik?

Jawabannya adalah inilah keterbatasan lensa kit. Saya sendiri mengusulkan pemakaian tripod, atau mengunakan flash (built-in atau eksternal)* dikombinasikan dengan ISO tinggi sekitar ISO 400-1200 dan shutter speed rendah 1/30 atau 1/15 bila lensa atau kamera Anda memiliki fasilitas anti getar.

Oke segitu dulu teman-teman sebangsa dan setanah air, silahkan mempraktekkan tips-tips tersebut, dan bila Anda memiliki tips lainnya, silahkan ikut mengkomentari tulisan ini.

Terima kasih telah membaca,

Enche Zein
editor http://www.radiantlite.com
http://gaptek28.wordpress.com/2009/05/07/memaksimalkan-kit-lens/ 



Baca juga
  » 17 Maret 2014
6 Tips Jitu Hunting Foto Kampanye Parpol
Jakarta - Musim kampanye partai politik telah digelar hingga beberapa pekan ke depan. Momen tersebut tidak hanya menarik secara politik melainkan sangat atraktif secara visual. Dari ekpresi simpatisan, warna-warni atribut kampanye, properti yang unik hingga jumlah massa kolosal membuat semuanya sudah terlihat menarik secara alamiah. Namun bukan berarti tinggal mengarahkan lensa dan memencet shutter, kemudian dihasilkan foto yang memuaskan. Tetap saja ada kaidah-kaidah umum fotografi maupun kemampuan teknis yang menjadi pegangan. Sehingga hasil foto tidak hanya merekam kenyataan, melainkan mampu menciptakan kenyataan baru di selembar foto.

  » 28 Februari 2014
Cara Darwis Triadi Memandang Obyek
Saya rada kecewa ketika panitia mengabarkan bahwa akhirnya yang menjadi nara sumber Workshop Fotografi Jurnalistik Lanjutan om Darwis Triadi. Bagi saya, nama besarnya tidak berada pada bidang fotografi jurnalistik. Bagi saya, seorang Darwis Triadi hanyalah seorang fotografer model wanita-wanita cantik. Bagi saya, seorang Darwis Triadi tak layak menggantikan Arbain Rambey dan Oscar Motuloh, dua nama yang sempat saya hubungi tapi tak bisa karena alasan waktu.

  » 13 Agustus 2013
Mengenal Lebih Dekat Teknik Foto HDR
Aslinya foto High Dynamic Range atau yang biasa disebut HDR adalah tehnik menggabungkan beberapa buah foto yang memiliki eksposure berbeda sehingga menghasilkan gambar yang memiliki jangkauan dynamic range lebih luas mulai dari area tergelap hingga area paling terang dalam sebuh foto. Ciri khas yang melekat pada foto yang diolah dengan tehnik ini adalah efek dramatis yang dihasilkan serta detail foto akan meningkat.

  » 25 Juni 2013
Memotret Saat Berkabut
Jakarta - Kabut itu sering dibenci, tapi juga sering diharapkan. Memotret pemandangan kabut itu dibenci karena membuat pemandangan tidak jelas, saturasi warna rendah, dan datar. Di lain pihak, kabut juga diharapkan saat memotret pemandangan di pagi hari, karena memberikan kesan misterius.

  » 24 April 2013
Mengenal Teknik Lighting Low-key & High Key
Jakarta - Dalam fotografi terkenal ada istilah high key and low key. Secara sederhana maksud high key adalah fotografi yang nuansa cahayanya terang, sedangkan low key adalah fotografi yang nuansa cahayanya gelap.

Information
5 user sedang online
Anda pengunjung ke-428,970
Customer Service
gudang_kamerasolo
Others
Search
Search:
Pembayaran
Polisi Online

Rekening Bersama & Testimoni

Rekening Bersama & Testimoni


Testimoni
Testimoni

BBM
PIN BBM : 26611CC8
PIN BBM : 29503B60

WhatsApp
+62 813-2951-0670

facebook
http://www.facebook.com/ gudangkamerasolo

fans page
like us

JNE
cek perjalanan pesanan anda

BCA
Rekening BCA : 0152972570
a.n. Joko Purwono
KCU Solo Slamet Riyadi

BNI
Rekening BNI : 0107110707
a.n. Joko Porwono
KCU Solo Slamet Riyadi

BRI
Rekening BRI :
3023-01-000198-50-7
a.n. Niswatin Hasanah
BRI Unit Grogol Sukoharjo

MANDIRI
Rekening Mandiri :
900-00-0829649-4
a.n. Joko Purwono
KC Solo Sriwedari


© 2012 www.gudangkamerasolo.com

SMS / Call : 0813 2951 0670 / 0857 2570 8299


Toko Online