aksesoris kamera murah
www.gudangkamerasolo.com
www.gudangkamerasolo.com Aksesoris Body, Aksesoris Filter, Aksesoris Flash, Aneka Baterai, Aneka Kabel, Battery Grip / Vertical Grip, Filter Kamera, Flash, Focusing Screen & Magnifier, Hot Shoe Adapter, Lens Adapter / Lens Mount Adapter, Lens Cap & Cover, Lens Converter, Lens Hood, Lens / Camera Cleaner, Macro, Peralatan Studio, Release Shutter, Step Up / Step Down Ring, Strap, Pouch, Bag, Strobist Area, & Trigger Kamera.
Shopping Cart
shopping cart 0 item
Categories
News
17 Maret 2014
6 Tips Jitu Hunting Foto Kampanye Parpol
Jakarta - Musim kampanye partai politik telah digelar hingga beberapa pekan ke depan. Momen tersebut tidak hanya menarik secara politik melainkan sangat atraktif secara visual. Dari ekpresi simpatisan, warna-warni atribut kampanye, properti yang unik hingga jumlah massa kolosal membuat semuanya sudah terlihat menarik secara alamiah. Namun bukan berarti tinggal mengarahkan lensa dan memencet shutter, kemudian dihasilkan foto yang memuaskan. Tetap saja ada kaidah-kaidah umum fotografi maupun kemampuan teknis yang menjadi pegangan. Sehingga hasil foto tidak hanya merekam kenyataan, melainkan mampu menciptakan kenyataan baru di selembar foto. detail

28 Februari 2014
Cara Darwis Triadi Memandang Obyek
Saya rada kecewa ketika panitia mengabarkan bahwa akhirnya yang menjadi nara sumber Workshop Fotografi Jurnalistik Lanjutan om Darwis Triadi. Bagi saya, nama besarnya tidak berada pada bidang fotografi jurnalistik. Bagi saya, seorang Darwis Triadi hanyalah seorang fotografer model wanita-wanita cantik. Bagi saya, seorang Darwis Triadi tak layak menggantikan Arbain Rambey dan Oscar Motuloh, dua nama yang sempat saya hubungi tapi tak bisa karena alasan waktu. detail

13 Agustus 2013
Mengenal Lebih Dekat Teknik Foto HDR
Aslinya foto High Dynamic Range atau yang biasa disebut HDR adalah tehnik menggabungkan beberapa buah foto yang memiliki eksposure berbeda sehingga menghasilkan gambar yang memiliki jangkauan dynamic range lebih luas mulai dari area tergelap hingga area paling terang dalam sebuh foto. Ciri khas yang melekat pada foto yang diolah dengan tehnik ini adalah efek dramatis yang dihasilkan serta detail foto akan meningkat. detail

25 Juni 2013
Memotret Saat Berkabut
Jakarta - Kabut itu sering dibenci, tapi juga sering diharapkan. Memotret pemandangan kabut itu dibenci karena membuat pemandangan tidak jelas, saturasi warna rendah, dan datar. Di lain pihak, kabut juga diharapkan saat memotret pemandangan di pagi hari, karena memberikan kesan misterius. detail

» index berita
News

Memotret Matahari Terbit di Gunung

6 April 2012

Memotret Matahari Terbit di Gunung

Aktivitas di alam bebas memang lebih menawarkan banyak kesempatan untuk menikmati indahnya alam. Salah satu moment yang saya sukai adalah “memburu” matahari terbit ketika sedang berkegiatan di alam bebas, salah satunya ketika berjalan ke gunung. Horizon yg luas membentang, awan terlihat bergulung di bawah kita, langit dipenuhi dengan semburat warna oranye merupakan moment istimewa yang sangat menarik untuk kita abadikan.

Tapi seringkali kita kecewa ketika melihat hasil foto kita tidak seindah apa yg dilihat mata. Datar dan terkadang membosankan. Memang kamera mempunyai kelemahan dibanding sensor mata kita yang selalu berusaha menyesuaikan dengan kondisi cahaya yg ada. Untuk itu kita perlu mempelajari beberapa dasar fotografi dan pengenalan alat untuk bisa memperoleh hasil yang cukup baik.

Belum lagi ketika kita sudah bersusah payah mencoba mencari lokasi untuk mengabadikan matahari terbit ternyata sampai di sana matahari nya nongol nya ndak sesuai dengan yang kita pikirkan (ini pernah terjadi beberapa kali juga saya alami soalnya hahaha)

Berikut beberapa tips dasar berdasarkan pengalaman dan juga cukilan beberapa artikel yg pernah saya baca yang semoga bisa membantu rekan rekan lain untuk mendapatkan foto matahari terbit di gunung dengan lebih bagus.

  • Bangun lebih paggggggeeeeeeeeee.. semakin pagi kita bangun semakin besar kesempatan mendapatkan momen yg bagus. Kita bisa mendatangi lokasi lebih awal untuk mencari sudut yang tepat. Selain itu 30 – 40 menit sebelum matahari terbit seringkali merupakan momen yang sangat indah.
  • Persiapkan peralatan yang akan dibawa malam sebelumnya. Jangan waktu akan berangkat terburu buru memasukan ke dalam tas. Kumpulkan semua peralatan yang akan dibawa ke dalam satu tas. Letakan ditempat yang mudah dijangkau. Jangan terpisah pisah, karena seringkali kita pergi mengejar sunrise dalam suasana masih gelap.
  • Survey lokasi. Apabila memungkinan sehari sebelum melakukan pemotretatan matahari terbit kita mengunjungi lokasinya. Jadi ada bayangan kira kira lokasi yang paling menarik untuk mendapatkan matahari terbit. Tapi kalau tidak memungkinkan bisa dengan datang lebih awal.
  • Peralatan navigasi dasar seperti kompas dan peta sangat membantu untuk menentukan arah dimana matahari akan terbit. selain itu juga berfungsi untuk menentukan lokasi kembali ke camp.


riset dan peralatan navigasi sangat membantu untuk menentukan lokasi terbaik

  • Cek kondisi cuaca melalui beberapa situs prakiraan cuaca online, misalnya http://www.fallingrain.com/world/ID/index.html.
  • Jangan lupa cek kondisi baterai dan memori card. Jangan sampai ketika asik memotret matahari terbit baterai empty atau memori card penuh. Bawa baterai dan memori card cadangan bila memungkinkan.
  • Bawa tripod ! karena pemotretan matahari terbit dimulai dari kondisi minim cahaya. Kalau tidak mau membawa tripod besar nan berat bisa membawa tripod portable yang cukup ringan. Atau bisa juga memanfaatkan kondisi sekitar untuk menjadi tripod alam, seperti batu, pohon, dll. Tapi lebih baik membawa tripod karena bisa lebih flexible dalam mengatur komposisi. No Pain No Gain kl kata pepatah bule


tripod untuk mendapatkan hasil gambar yang maksimal

  • Jangan terpaku hanya untuk mengabadikan matahari nya saja.. banyak yg menarik juga di sekeliling kita waktu matahari terbit. Entah langit yang kemerahan di belakang kita, pepohonan yang tersiram matahari, dll


jangan terpaku hanya memotret matahari nya saja

  • Komposisi… aturan 1/3 juga berlaku untuk pemotretan sunrise. Dengan menempatkan obyek penting tidak di tengah frame akan membuat gambar lebih dinamis.
  • Berexperimen dengan format landscape (horizontal) dan postcape (vertical).
  • Pergunakan file RAW jika memungkinkan. Karena kondisi alam yang akan banyak mengalami perubahan sehingga dengan memakai file RAW kita bisa menggunakan settingan auto white balance yang nanti nya akan bisa diedit dengan pada waktu proses post processing nya. Tapi apabila kamera nya tidak ada fasilitas file RAW bisa dengan file JPG dengan settingan white balance shade.
  • Tidak selalu harus dengan menggunakan lensa wide untuk mendapatkan momen sunrise yang menarik. Terkadang dengan lensa tele kita bisa mendapatkan detail suasana sunrise yang akan terlewatkan apabila terfokus dengan lensa wide.


mengabadikan matahari terbit dengan lensa tele

  • Tapi memang kalau menggunakan lensa ultra wide kita bisa mendapatkan hasil foto sunrise yang cukup WOW. Distorsinya akan menyebabkan awan di langit menjadi lebih dramatis


dengan lensa wide 10-22

  • Jangan pernah berhenti belajar.. belajar dari kesalahan yang pernah dibuat dan jangan menyerah.
  • Be there and enjoy the magnificent moment
    kalau ternyata hasilnya masih belum seperti yang kita inginkan juga atau cuaca kurang mendukung, pengalaman untuk mencari matahari terbit di gunung sendiri sudah membawa banyak pendalaman spiritual buat kita.

enjoy the moment

Salam

widhibek
http://blog.fotokita.net



Baca juga
  » 17 Maret 2014
6 Tips Jitu Hunting Foto Kampanye Parpol
Jakarta - Musim kampanye partai politik telah digelar hingga beberapa pekan ke depan. Momen tersebut tidak hanya menarik secara politik melainkan sangat atraktif secara visual. Dari ekpresi simpatisan, warna-warni atribut kampanye, properti yang unik hingga jumlah massa kolosal membuat semuanya sudah terlihat menarik secara alamiah. Namun bukan berarti tinggal mengarahkan lensa dan memencet shutter, kemudian dihasilkan foto yang memuaskan. Tetap saja ada kaidah-kaidah umum fotografi maupun kemampuan teknis yang menjadi pegangan. Sehingga hasil foto tidak hanya merekam kenyataan, melainkan mampu menciptakan kenyataan baru di selembar foto.

  » 28 Februari 2014
Cara Darwis Triadi Memandang Obyek
Saya rada kecewa ketika panitia mengabarkan bahwa akhirnya yang menjadi nara sumber Workshop Fotografi Jurnalistik Lanjutan om Darwis Triadi. Bagi saya, nama besarnya tidak berada pada bidang fotografi jurnalistik. Bagi saya, seorang Darwis Triadi hanyalah seorang fotografer model wanita-wanita cantik. Bagi saya, seorang Darwis Triadi tak layak menggantikan Arbain Rambey dan Oscar Motuloh, dua nama yang sempat saya hubungi tapi tak bisa karena alasan waktu.

  » 13 Agustus 2013
Mengenal Lebih Dekat Teknik Foto HDR
Aslinya foto High Dynamic Range atau yang biasa disebut HDR adalah tehnik menggabungkan beberapa buah foto yang memiliki eksposure berbeda sehingga menghasilkan gambar yang memiliki jangkauan dynamic range lebih luas mulai dari area tergelap hingga area paling terang dalam sebuh foto. Ciri khas yang melekat pada foto yang diolah dengan tehnik ini adalah efek dramatis yang dihasilkan serta detail foto akan meningkat.

  » 25 Juni 2013
Memotret Saat Berkabut
Jakarta - Kabut itu sering dibenci, tapi juga sering diharapkan. Memotret pemandangan kabut itu dibenci karena membuat pemandangan tidak jelas, saturasi warna rendah, dan datar. Di lain pihak, kabut juga diharapkan saat memotret pemandangan di pagi hari, karena memberikan kesan misterius.

  » 24 April 2013
Mengenal Teknik Lighting Low-key & High Key
Jakarta - Dalam fotografi terkenal ada istilah high key and low key. Secara sederhana maksud high key adalah fotografi yang nuansa cahayanya terang, sedangkan low key adalah fotografi yang nuansa cahayanya gelap.

Information
3 user sedang online
Anda pengunjung ke-359,631
Customer Service
gudang_kamerasolo
Others
Search
Search:
Pembayaran
Polisi Online

Rekening Bersama & Testimoni

Rekening Bersama & Testimoni


Testimoni
Testimoni

BBM
PIN BBM : 26611CC8
PIN BBM : 29503B60

WhatsApp
+62 813-2951-0670

facebook
http://www.facebook.com/ gudangkamerasolo

fans page
like us

JNE
cek perjalanan pesanan anda

BCA
Rekening BCA : 0152972570
a.n. Joko Purwono
KCU Solo Slamet Riyadi

BNI
Rekening BNI : 0107110707
a.n. Joko Purwono
KCU Solo Slamet Riyadi

BRI
Rekening BRI :
3023-01-000198-50-7
a.n. Niswatin Hasanah
BRI Unit Grogol Sukoharjo

MANDIRI
Rekening Mandiri :
900-00-0829649-4
a.n. Joko Purwono
KC Solo Sriwedari


© 2012 www.gudangkamerasolo.com

SMS / Call : 0813 2951 0670 / 0857 2570 8299


Toko Online